Unsur Intrinsik Cerpen

Posted on
loading...

Untuk bisa melahirkan sebuah cerpen yang ciamik, salah satu hal penting yang harus dipahami oleh para penulis adalah unsur intrinsik cerpen. Ya, cerpen memang memiliki berbagai macam unsur, selain unsur ekstrinsik yang merupakan unsur dari luar, juga terdapat unsur intrinsik yang akan dibahas dalam artikel ini. Unsur intrinsik dalam sebuah cerpen terbagi ke dalam beberapa hal sebagai berikut ini.

Unsur intrinsik adalah unsur yang membangun sebuah cerita yang asalnya dari dalam cerita pendek atau cerpen itu sendiri. Unsur intrinsik terdiri atas tema, tokoh atau penokohan, gaya bahasa, alur, sudut pandang, latar dan juga amanat. Simak uraian penjelasan singkat dari masing masing unsur intrinsik dalam sebuah cerpen berikut ini:

Unsur Intrinsik Cerpen Beserta Penjelasannya

penjelasan unsur intrinsik ekstrinsik

Tema

Unsur yang pertama adalah tema. Ini adalah unsur yang paling penting. Jelas demikian karena sebuah cerpen mesti memiliki tema.  Tema inilah nantinya yang akan diuraikan menjadi sebuah rangkaian cerita yang nyaman dibaca. Tema ini nanti jugalah yang akan membentuk konflik dalam sebuah cerita menjadi sesuatu yang nyaman dibaca oleh para pembaca. Tema tema cerpen di antaranya adalah romansa, persahabatan, pendidikan, dan sebagainya.

Tokoh atau Penokohan

Tokoh atau penokohan ini juga wajib ada di dalam unsur intrinsik cerpen. Cerpen tanpa tokoh tidak akan pernah menjadi rangkaian cerita yang utuh, sebab tokoh inilah yang akan mampu membawa cerita mengalir dari awal, konflik, sampai pada akhir. Dalam penokohan, dikenal 3 jenis karakter tokoh, yaitu antagonis atau tokoh jahat; protagonis atau tokoh baik, dan juga tritagonis atau tokoh yang biasanya menjadi penengah saat terjadi konflik antara tokoh antagonis dan juga protagonis.

Alur atau Plot

Unsur ini secara langsung akan masuk ke dalam sebuah cerpen bahkan dengan cara disengaja atau pun tidak. Sebuah cerpen yang berjalan ceritanya sejak awal hingga akhir jelas memiliki alur. Baik itu alur maju, alur mundur, atau pun alur maju-mundur. Alur alur tersebut pasti ada dalam unsur intrinsik cerpen yang selesai dan layak dibaca.

Setting atau Latar

Setting atau latar ini merupakan unsur yang menjelaskan terkait suasana, waktu, serta tempat terjadinya suatu kejadian. Sebuah cerita akan tampak hidup jika menceritakan kisah seseorang di dalam sebuah waktu, tempat, dan juga suasana yang jelas. Walaupun bisa jadi latar hanyalah sebuah rekaan, namun tetap saja sangat dibutuhkan.

Sudut Pandang

Ini adalah strategi bagaimana cara penulis menyampaikan ceritanya. Ada beberapa jenis sudut pandang; misalnya dengan menjadi orang pertama, orang kedua, atau bahkan orang ketiga serba tahu.

Gaya Bahasa dan Amanat

Ini adalah unsur intrinsik cerpen yang tak boleh dilupakan. Penulis cerpen harus memiliki gaya bahasa yang baik dan khas, sehingga bisa menyampaikan isi cerita dengan lebih menarik. Cara yang terbaik adalah dengan menggunakan pemilihan diksi yang tepat, majas, dan sebainya. Dan kemudian di dalam cerpen harus terkandung sebuah amanat untuk disampaikan kepada para pembaca, namun jangan sampai terkesan menggurui.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *