Tindak Lanjut Hasil UKG 2015

Posted on
loading...

Tindak lanjut hasil ukg 2015 adalah salah satu kegiatan berikutnya yang akan dilakukan oleh pemerintah dalam hal ini adalah dinas terkait. Nantinya hasil UKG tahun ini akan digunakan sebagai tinjauan atau acuan bagi pemerintah untuk nantinya diberikan pelatihan lebih lanjut. Bagi Anda yang belum tahu ada beberapa pelatihan yang akan diberikan kepada para peserta diantaranya pelatihan kelas jauh, diskusi kelompok, face to face, serta bimbingan individu yang akan diberikan kepada para peserta.

Tindak Lanjut Hasil UKG 2015

Menurut penuturan menteri Anies Baswedan selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), pelaksaaan UKG ini akan menjadi cerminan bagi para guru peserta. Hasil dari UKG ini akan menjadi tindak lanjut hasil ukg 2015 sebagai evaluasi bagi para guru untuk terus belajar agar menemukan metode pengajaran yang lebih baik. Dengan adanya UKG sebagai keharusan atau kewajiban kepada para guru agar publik tahu bahwa guru adalah sosok yang kompeten.

Apa Manfaat Hasil UKG Menurut Menteri Pendidikan

“Kita ingin tradisi belajar ditunjukkan guru kepada siswa, guru harus belajar sehingga dapat mengajarkan siswa untuk terus belajar. Caranya dengan menunjukan nilai capaian UKG kepada siswa,” kata Anies.

Tindak lanjut hasil ukg 2015 nanti hasil dari test UKG ini akan dijadikan sebagai dasar atau landasan program pendidikan dan pelatihan yang diberikan kebada guru yang mengikuti pelatihan. Namun pelatihan UKG ini bukanlah akhir dari serangkaian test yang dilakukan, melainkan menjadi acuan awal bagi pemerintah untuk memberikan pelatihan kepada para guru agar dapat meningkatkan pendidikan di Indonesia. Bahkan pemerintah sendiri telah berencana untuk melakukan UKG ini secara nasional.

Sama seperti pada UKG pada tahun sebelumnya, hasil dari test ini akan digunakan sebagai acuan pemetaan guru. Target kelulusan yang haru sdicapai adalah 70, namun tahun ini akan sedikit berbeda karena ada grade atau tingkatan yang digunakan sebagai pembagian grade.

Grade Hasil Uji Kompetensi Guru 2015

  1. Grade 1-3,  grade ini dilabel “Tidak Layak Guru”, yaitu mereka yang mendapat nilai kurang dari 40. 
  2. Grade 4-7, nilainya antara 40-70 akan diberi pembinaan pedagogik dan profeional
  3. Grade 8-10, nilai 70 ke atas dijadikan sebagai tutor sebaya bagi guru grade 4-7.

Guru-guru yang mendapat nilai rendah nantinya akan diberi pembinaan secara lebih intens, mereka akan dilatih dengan lebih maksimal yang paling utama adalah pada kompetensi pedagogik dan profesionalnya. Bisa saja mereka yang mengikuti pelatihan ini akan dilarang terlebih dahulu untuk mengajar, tujuannya supaya lebih fokus mengikuti pelatihan ini. Jika lulus mereka akan kembali diizinkan mengajar kembali.

Tindak Lanjut Hasil UKG Tahun 2015

Bagi mereka guru yang akan diberi pelatihan selama kurun waktu namun tidak juga lulus-lulus atau memenuhi grade yang ditentukan. Maka mereka akan dipindahtugaskan ke bidang yang sesuai dengan kemampuan mereka. Bisa dirotasi menjadi Tenaga Kependidikan seperti Tata Usaha, laboran, pustakawan dan lain-lain. Atau bisa saja dipindahkan ke untuk menjadi staf di instansi atau dinas yang membutuhkan.

Contohnya seperti Dinas Pendidikan seperti UPT, Pemda, Dinas Sosial dan lain sebagainya. Sedang bagi guru yang statusnya honorer maka keputusan akan diserahkan ke pihak terkait yang mengangkat merek sekolah swasta, yayasan, pemerintahan daerah, dan sebagainya apakah diberhentikan atau dipindahtugaskan. Pilihan yang terahir diberikan kesempatan untuk pensiun dini terutama bagi PNS guru yang sudah memenuhi persyaratan. Itulah informasi tindak lanjut hasil ukg 2015 masuk ke grade apakah Anda?

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *