Sejarah Bola Volly

Posted on
loading...

Sejarah bola volly dimulai sejak tahun 1895 oleh seseorang yang bernama William B. Morgan. Ia merupakan orang yang mempelopori terbentuknya permainan bola volly ini. William B. Morgan ini adalah seorang pembina pendidikan jasmani pada Young Men Christain Association (YMCA) yang berada di Holyoke, Amerika Seikat. Bola volly sendiri saat ini telah menjadi sebuah olahraga permainan yang terkenal di seantero penjuru dunia.

Siapa saja tentu seudah sangat mengenal permainan bola volly. Baik itu adalah seorang anak kecil, atau pun orang dewasa. Bola volly benar benar telah menjadi sebuah permainan yang merakyat bagi semua kalangan. Tidak hanya orang orang kaya atau berada saja yang bisa memainkan bola volly, namun mereka yang berasal dari kalangan menengah ke bawah pun juga bisa memainkannya. Permainan ini tidak dapat dibatasi oleh status sosial yang berlaku di dalam masyarakat.

Sejarah Permainan Bola Volly Secara Singkat

sejarah permainan bola vollyDalam sejarah bola volly, diceritakan bahwa YMCA, atau sebuah asosiasi yang dibina oleh William B. Morgan, sang pencetus permainan bola volly ini mengalami sebuah perkembangan yang sangat pesat sehingga membuat permainan bola volly juga menjadi semakin terkenal di kalangan masyarakat.

Hal tersebut membuat permainan bola volly menjadi sangat terkenal ke seluruh dunia. Dan tepatnya pada tahun 1974, untuk pertama kalinya permainan bola volly ini dimainkan secara profesional dalam sebuah pertandingan bola volly di Polandia. Dalam perhelatan pertandingan tersebut, diyakini bahwa peserta yang terlibat jumlahnya sangat banyak.

Peristiwa pertandingan di Polandia tersebut menjadi sebuah sejarah bola volly yang baru. Sebuah olahraga yang sangatlain daripada yang lain telah benar benar terwujud dan diakui oleh banyak pihak. Pada tahun 1984 didirikanlah sebuah fenerasi yang menaungi permainan bola volly di seluruh dunia. Namanya Federasi Bola Volly Internasional atau International Volly Ball Federation (IVBF).

Awal Mula Federasi Bola Volly

Federasi ini memiliki anggota sejumlah 15 negara pada awal mula terbentuk, dan berkedudukan di Paris. Sebagai sebuah induk dari permainan bola volly internasional tentu saja federasi ini mengalami perkembangan yang sangat pesat. Hingga pada akhirnya saat ini telah memiliki anggota pada sebagian besar negara negara berdaulat di dunia.

Persebaran bola volly ini sangat pesat. Hal tersebut dikarenakan permainan ini sangatlah merakyat. Kenapa demikian? Hal tersebut dikarenakan dalam permainan bola volly tidak dibutuhkan banyak perlengkapan. Untuk dapat bermain bola volly dengan penuh gembira hanya dibutuhkan bola dan net. Ya, hanya itu. bahkan hal tersebut dapat digantikan apabila memang tidak memiliki.

Namun, untuk menyelenggarakan permainan bola volly secara profesional juga memerlukan banyak hal yang harus memenuhi standar. Misalnya bola khusus permainan bola volly, kemudian net juga harus sesuai standar, berikut ukuran lapangannya. Jumlah peserta tiap regunya adalah enam orang. Demikianlah sejarah singkat bola volly yang dapat disampaikan sebagai bahan pembelajaran.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *