Renang Gaya Kupu Kupu

Posted on
loading...

Renang gaya kupu kupu bisa juga disebut sebagai Butterfly Stroke. Gaya renang yang satu ini dinilai oleh banyak pihak sebagai gaya renang yang paling sulit untuk dipelajari. Bahkan, untuk bisa menjalankan gaya renang ini, seorang profesional saja perlu untuk melakukan pelatihan yang terus menerus dalam waktu yang tidak singkat.

Berikut ini adalah beberapa langkah yang harus dilakukan oleh para perenang untuk bisa menjalankan gaya kupu kupu. Ada beberapa gerakan penting yang harus dilakukan oleh setiap perenang. Fokusnya adalah pada gerakan kaki, gerakan tangan, serta kombinasi antara gerakan tangan, kaki, dan juga saat mengambil nafas. Gerakan gerakan tersebutlah yang menjadikan sebuah gerakan renang menjadi tampak seperti gaya kupu kupu, dan berbeda dengan gaya gaya yang lainnya.

Renang Gaya Kupu Kupu

Gerakan Tangan

Renang gaya kupu kupu membutuhkan posisi kedua tangan yang lurus di atas kepala, kedua telapak tangan harus berdekatan, namun tidak perlu untuk menempelkan satu telapak dengan telapak yang lain. Selanjutnya, tarik saja kedua tangan ke bawah secara bersamaan, dan kemudian ditarik lagi ke belakang. Gerakan tangan yang terakhir adalah mengangkat kedua tangan bersamaan keluar dari permukaan air, lalu diayunkan ke depan secara berulang ulang mulai dari gerakan yang pertama kali.

Gerakan Kaki

Selain gerakan tangan, gerakan kaki untuk gaya renang ini juga perlu diperhatikan, tidak bisa asal gerak. Sehingga nanti akan didapati gaya kupu kupu yang sempurna. Untuk posisi awal, kaki sampai paha harus berada pada posisi yang lurus. Perlu diperhatikan juga bahwa dengkul benar benar tidak boleh ditekuk, lalu kedua telapak kaki juga harus didekatkan, agak rapat antar satu dan yang lain.

Setelah itu, gerakkan kedua kaku secara bersamaan sedikit ke atas permukaan. Jika sudah sampai pada tahap ini, maka jatuhkan kembali kaki yang tadi sedikit diangkat tersebut secara bersamaan, gerakan ini akan memunculkan dorongan ke depan jika memang dilakukan dengan tepat. Saat pinggul telah terdorong ke depan, maka lakukan gerakan kaki dari tahapan awal secara berulang ulang. Dasar renang gaya kupu kupu telah berhasil di lakukan.

Kombinasi Gerakan Tangan, Kaki, dan Ambil Nafas

Tahapan selanjutnya yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah gerakan yang mengombinasikan antara tangan dan juga kaki sekaligus sebagai upaya untuk mengambil nafas. Yang harus dilakukan sebenarnya simpel saja jika memang masing masing gerakan tangan dan kaki telah dikuasai dengan mahir.

Saat yang paling tepat untuk mengambil nafas pada renang gaya kupu kupu adalah ketika kedua tangan sedang digerakkan ke bawah secara bersamaan, maka perenang harus sedikit mengangkat kepala ke permukaan air untuk mengambil nafas. Hal ini akan semakin mahir untuk dilakukan ketika seorang perenang telah memiliki jam terbang yang tinggi.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *