Niat Shalat Jumat

Posted on
loading...

Niat shalat jumat sebenarnya sangat sederhana. Kenapa bisa demikian? Hal tersebut dikarenakan dalam menjalankan sebuah ibadah, seseorang tidak perlu melakukannya dengan menggunakan niat yang muluk muluk. Allah memberikan kemudahan bagi manusia. Sehingga dengan demikian, untuk menjalankan shalat jumat seseorang hanya perlu melakukan niat dalam hati saja. Niat untuk menjalankan shalat jumat secara sungguh sungguh.

Di sisi lain, banyak pihak yang menyatakan bahwa untuk menjalankan sebuah ibadah harus dilakukan dengan cara melafalkan niat. Hal tersebut tidak salah. Kita sesama umat muslim diajarkan untuk saling menghormati dan menghargai. Dengan orang orang yang memiliki keyakinan lain saja kita harus hormat, apalagi dengan sesama umat Islam.

Niat Shalat Jumat

Sehingga di dalam menjalankan sebuah ibadah, melakukan dengan cara melafalkan niat dengan kata kata atau bacaan bacaan niat adalah sesuatu yang tidak dapat disalahkan, demikian juga ibadah yang dilakukan dengan hanya melafalkan niat di dalam hati. Hal tersebut juga tidak ada salahnya. Yang paling penting adalah keikhlasan dan kesungguhan kita dalam menjalankan sebuah ibadah tersebut.

Niat Shalat Jumat Bagi Imam Bahasa Arab Latin dan Artinya

اُصَلِّيْ فَرْضَ الجُمْعَةِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ اَدَاءً  امَامًا لِلَّهِ تَعَالَى

Latin: Usholli fardlol jum’ati rak’ataini mustaqbilal qiblati adaa-an imaaman lillaahi ta’aala.

Artinya: Aku niat melakukan shalat jum’at 2 rakaat, sambil menghadap qiblat, saat ini, menjadi mamum, karena Allah ta’ala.

Niat Shalat Jumat Bagi Makmum Bahasa Arab Latin dan Artinya

اُصَلِّيْ فَرْضَ الجُمْعَةِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ اَدَاءً مَاْمُوْمًا لِلَّهِ تَعَالَى

Latin: Ushollii fardlol jum’ati rak’ataini mustaqbilal qiblati adaa-an ma-muuman lillaahi ta’aala.

Artinya: Aku niat melakukan shalat jum’at 2 rakaat, sambil menghadap qiblat, saat ini, menjadi mamum, karena Allah ta’ala.

Oleh sebab itu, mulai sekarang semestinya antara sesama muslim sebisa mungkin menghindari hal hal atau perbuatan perbuatan yang dapat menimbulkan kebencian. Hal hal tersebut sesuangguhnya tidak perlu diungkit ungkit lagi, seperti misalnya membaca niat shalat jumat atau tidak saat menjalankan shalat jumat. Sebagai seorang muslim yang baik, seharusnya sudah sangat paham terkait masalah niat ini.

Menjalankan ibadah shalat jumat adalah sebuah kewajiban bagi setiap muslim, terutama para laki laki. Bahkan hal tersebut diungkapkan dengan perumpamaan bahwa seseorang lebih baik menyegerakan shalat jumat walaupun sedang melakukan sebuah transaksi jual beli. Shalat jumat memiliki keutamaan yang jauh lebih indah daripada melakukan hal hal yang berhubungan dengan urusan duniawi.

Shalat Jumat Wajib Bagi Laki-Laki

Memang shalat jumat ini hanya diwajibkan bagi umat muslim laki laki. Namun demikian, bukan berarti umat muslim perempuan atau muslimah dilarang untuk menjalankan ibadah shalat jumat ke masjid, mereka tetap saja diperbolehkan, hanya saja sebaik baik ibadah seorang perempuan adalah dilakukan di rumah. Dengan niat shalat jumat sebagaimana yang diyakini, baik dengan dilafalkan atau pun tidak.

Shalat jumat juga wajib dilaksanakan di masjid, tentu saja harus dihadiri oleh jamaah dalam jumlah yang banyak. Banyak pihak yang menyebutkan bahwa jumlah minimal jamaah yang dapat disebut sebagai jamaah ibadah sholat jumat sekurang kurangnya adalah 40 orang. Namun demikian, ada juga yang berpendapat bahwa sholat jumat yang terpenting dilaksanakan di masjid secara berjamaah dan sebelumnya diisi dengan khutbah jumat.

Sekali lagi ditekankan, bahwa niat shalat jumat adalah sesuatu yang bisa dibilang sensitif untuk dibahas antara sesama muslim yang memiliki perbedaan keyakinan hati terhadap ketetapan tersebut. Yang paling penting adalah bagaimana ia bisa menghargai setiap pendapat yang diutarakan oleh orang orang.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *