Manfaat Stroberi Mencegah Kanker dan Serangan Jantung

Posted on
loading...

Manfaat Stroberi Mencegah Kanker dan Serangan Jantung – Dikenal sebagai buah pemanis untuk mempercantik makanan dan minuman, stroberi sering disalahartikan fungsinya sebagai buah hiasan saja. Padahal, anggapan tersebut sama sekali salah. Bentuknya yang cantik dan rnungil serta warna cerahnya memang memikat siapapun yang melihatnya. Namun, perlu Anda tahu, bahwa selain sebagai penghias makanan, stroberi juga memiliki khasiat untuk kesehatan.

Bagi orang yang sedang menderita sariawan, stroberi bisa dijadikan obat untuk mengatasi sariawan. Di samping itu, stroberi rupanya juga bisa membantu menghilangkan plak pada gigi sehingga gigi pun menjadi bersih dan sehat. Buah bernama latin Fragaria virginiana ini memiliki sebutan di beberapa negara-negara. Di Indonesia dan Malaysia disebut stroberi. Di Inggris memiliki tiga sebutan, yaitu garden strawberry, pineapple strawberry, dan ananas strawberry.

manfaat buah stroberiDi Filipina, buah stroberi disebut freasa, satroboery di Thailand, dan dau tay di Vietnam. Stroberi pertama kali ditemukan di Perancis sekitar tahun 1750. Buah stroberi sendiri berasal dari bunganya yang berwarna putih. Buahnya ada yang berwarna merah cerah, ada juga yang merah pekat. Rasanya asam manis, dan segar karena berair. Stroberi memiliki keunikan karena biji-bijinya terdapat di seluruh permukaan lapisan kulit dan dagingnya.

Umumnya, stroberi hanya tumbuh di daerah dataran tinggi dengan iklim yang sejuk. Karenanya, di Indonesia kebun stroberi banyak ditemukan di daerah pegunungan di Jawa Barat. Di samping itu, stroberi juga memiliki beragam ukuran. Ada yang besar, sedang dan kecil. Dari segi rasa, stroberi yang berukuran kecil dan sedang rasanya Iebih manis dibanding stroberi yang berukuran besar. Meski berbeda rasa, semuanya tetaplah buah yang berkhasiat untuk kesehatan.

Kandungan Nutrisi Buah Stroberi

Stroberi memiliki banyak kandungan gizi yang baik bagi kesehatan tubuh. Di antaranya air, karbohidrat, kalsium, magnesium, fosfor, kalium dan vitamin C. kandungan dalam stroberi tersebut berkhasiat mengobati sariawan, meningkatkan daya tahan tubuh dan menghilangkan plak pada gigi. Selain itu, khasiat hebat lainnya adalah mengatasi gangguan lever, sebagai antioksidan, menghambat dan mengatasi penyakit kanker, jantung dan stroke. Di samping, zat-zat yang disebut di atas, stroberi juga mengandung senyawa-senyawa lain. Di antaranya quercetin, asam ellagat, antosianin dan kaempferol yang berfungsi melawan penyakit kanker serta jantung dan juga menurunkan tekanan darah.

Manfaat Buah Stroberi Pencegah Kanker dan Serangan Jantung

Berbagai penelitian telah dilakukan terhadap stroberi. Hasilnya, dalam stroberi terdapat senyawa quercetin yang berperan mencegah kanker prostat dan mematikan pertumbuhan sel kanker hati. Senyawa asam ellagat juga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker serta mampu mengatasi kanker payudara, kanker pankreas, kanker kulit, kanker kolon dan kanker prostat.

Selain quercetin dan asam ellagat, ada pula senyawa kaempferol. Senyawa ini dapat mencegah terjadinya arterosklerosis dengan menghambat oksidasi lemak jahat (LDL). Oksidasi lemak jahat dalam tubuh dapat mempercepat risiko penyakit jantung. Di samping dapat melawan penyakit jantung, kaempferol juga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa gabungan kaempferol dan quarcetin dapat mengurangi pertumbu-an sel kanker.

Cara Mengolah Stroberi

Dari stroberi yang dapat dimanfaatkan adalah buahnya. Stroberi yang memiliki rasa asam manis sangat segar dan nikmat dimakan begitu saja. Bagi yang tak suka memakannya tanpa campuran, bisa mengolah stroberi menjadi minuman atau makanan seperti salad, pudding, agar-agar, pie, jus, smoothie, sup buah atau es buah. Dengan mengolahnya lebih dulu, rasa stroberi mungkin akan jauh lebih nikmat. Tentu saja sesuai dengan selera. Apapun cara yang digunakan untuk mengkonsumsi stroberi, yang terpenting adalah khasiat yang diperoleh dari mengkonsumsi stroberi.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *