Khasiat Daun Kelor Untuk Kecantikan

Posted on
loading...

Campuran.web.id – Kelor yang memiliki nama latin Moringa Oleifera  merupakan tumbuhan yang memiliki daun berbentuk bulat telur berukuran kecil yang bersusun majemuk dalam satu tangkai. Pohon kelor banyak tumbuh di indonesia, sebagian masyarakat di Indonesia biasanya memanfaatkannya sebagai bahan sayuran. Namun, di beberapa daerah lain,  kelor tidak dimanfaatkan sama sekali. Walaupun tanaman ini sering dikonsumsi oleh sebagian masyarakan, namun banyak yang belum mengetahui bahwa kelor merupakan tanaman yang mempunyai banyak manfaat.

Manfaat kelor telah dibuktikan oleh beberapa penelitian  yang dilakukan sejak awal tahun 1980-an. Bahkan organisasi kesehatan dunia WHO menobatkan kelor sebagai pohon ajaib karna hampir seluruh bagian daun kelor mulai dari daun, kulit batang, buah sampai bijinya mengandung banyak khasiat.

Khasiat Daun Kelor Untuk Kecantikan

daun kelor

Salah satu bagian yang mengandung banyak khasiat yaitu daun kelor. Daun kelor mengandung senyawa pterigospermin, minyak atsiri, moriginin, alkaloid morigin, dan minyak lemak. Selain itu daun kelor juga mengandung vitamin C 7 kali lebih tinggi dari buah jeruk, vitamin A 2 kali lebih banyak dari wortel, protein 2 kali lebih banyak dari pada susu, kalsium 4 kali lebih tinggi dari pada susu, dan kalium 3 kali lebih banyak dari pada pisang.

Karena kandungannya tersebut, daun kelor menyimpan segudang manfaat untuk kecantikan. Manfaat daun kelor untuk kecantikan, diantaranya adalah menghaluskan kulit, mengatasi keriput, menghilangkan flek dan sebagai anti oksidan.

Kandungan vitamin C pada daun kelor dapat dimanfaatkan untuk menghaluskan kulit. Daun kelor dapat digunakan sebagai masker dengan cara ditumbuk terlebih dahulu sampai lembut. Kemudian aplikasikan pada wajah secara merata selama 15 menit baru dibersikan dengan air. Hal ini dapat dilakukan secara rutin agar kulit wajah menjadi halus.

Selain itu  masker daun kelor juga bisa digunakan untuk menghilangkan keriput dan menghilangkan flek hitam pada wajah. Selain masker, daun kelor juga dapat digunakan sebagai scrub dengan cara menumbuknya dengan beras agak kasar dan dicampur dengan sedikit minyak zaitun.

Gunakan scrub bada seluruh tubuh sambil dipijat. Kandungan vitamin C yang sangat tinggi pada daun kelor juga dapan digunakan sebagai anti oksidan. Anti oksidan dapat menangkal radikal bebas yang dapat merusak kulit, menjaga agar kulit tetap sehat, bersih, dan berkilau alami.

Baca juga: Manfaat minyak zaitun basmi jerawat

Karena khasiat daun kelor tersebut, sudah ada beberapa brand kecantikan yang mulai menggunakan daun kelor sebagai bahan kosmetik. Banyak produk kosmetik berbahan daun kelor yang telah beredar di pasaran seperti masker, bedak, krim wajah, sabun, dan beberapa produk kecantikan lainnya. Daun kelor yang awalnya bernilain jual rendah, sekarang dapat bernilai jual tinggi dengan adanya inovasi dengan menggunakannya sebagai bahan kosmetik.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *