Hikmah Memahami Balasan Amal Buruk

Posted on
loading...

Hikmah memahami balasan amal buruk yang akan kita pertanggungjawabkan di hari kiamat nanti bisa menjadi salah satu pegangan agar kita selama hidup di dunia ini kita senantiasa berada di jalan yang benar sesuai dengan ketentuan Allah SWT. Iman kepada hari akhir merupakan salah satu rukun iman yang wajib kita pegang teguh, tujuannya agar kita selalu mawas diri akan segala sesuaatu yang kita lakukan.

Hari akhir akan menjadi waktu dimana amalan buruk dan baik yang kita lakukan selama hidup dihitung dan amalan tersebut akan mendapatkan balasan yang setimpal. Amal yang baik akan mendapatkan balasan yang bagik, begitu juga amal buruk akan mendapatkan amalan yang buruk pula. Disana manusia memiliki derajat yang sama dan akan dimintai untuk bertanggungjawab atas apa yang ia lakukan selama hidup di dunia.

Hikmah Memahami Balasan Amal Buruk

Maka dari itu hikmah memahami balasan amal buruk dapat dijadikan sebagai media untuk introspeksi diri agar selama kita masih diberikan kesempatan untuk hidup maka kita harus selalu berbuat hal-hal yang baik mengingat amalan buruk akan mendapatkan balasan yang buruk pula nanti di hari kiamat. Kita tidak akan pernah tahu kapan kiamat itu akan datang maka mulai saat ini harus selalu bersiap diri dan menjadi pribadi yang baik di mata Allah SWT.

Adapun hikmah percaya kepada hari akhir akan membuat kita selalu mawas diri dan selalu menjalankan semua perintahNya dan menjauhi segala laranganNya. Karena apapun yang dilarang dalam agama pastin memiliki dampak yang tidak baik bagi diri kita sendiri. Ingat kehidupan di dunia ini hanya sementara dan kita akan kekal abadi di akhirat.

Hikmah Memahami Balasan Amal Buruk di Hari Kiamat

  1. Menambah iman dan ketaqwaan kita terhadap Allah SWT
  2. Mengingatkan kita bahwa hidup di dunia hanya sementara dan kekal di akhirat
  3. Selalu mawas diri agar tidak sembarangan dalam bertindak karena semua amalan kita akan dicatat
  4. Memotivasi kita untuk selalu berbuat amalan baik dengan mengharap rindho Allah semata
  5. Terhindar dari niatan untuk berbuat keburukan
  6. Meningkatkan rasa cinta terhadap diri sendiri, lingkungan, dan Allah SWT
  7. Memperoleh keyakinan bahwa Allah SWT akan membalas amalan kita entah itu yang baik atau yang buruk
  8. Rela berkorban dan berani membela yang benar
  9. Tidak mudah merasa iri dan dengki terhadap orang lain karena kenikmatan dunia hanya sementara
  10. Terhindar dari sifat buruk, kikir, dan tamak

Itulah kesepulan manfaat positif bagi kita apabila selalu beriman kepada hari kiamat, semoga dengan ini kita menjadi sosok yang lebih baik dari hari kehari dan selalu bermanfaat bagi lingkungan sekitar. Semoga hikmah memahami balasan amal buruk dapat bermanfaat bagi kehidupan kita.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *