Doa Mandi Wajib Lengkap Untuk Pria dan Wanita

Posted on
loading...

Doa Mandi Wajib Lengkap Untuk Pria dan Wanita adalah doa yang harus diucapkan sebelum seseorang menjalankan mandi wajib. Sedangkan mandi wajib adalah mandi yang wajib dilakukan oleh seseorang supaya ia kembali suci lagi. Mandi wajib ini memiliki beberapa padanan istilah, salah satunya adalah mandi besar atau mandi janabat. Mandi wajib atau mandi besar atau mandi janabat adalah mandi yang dilakukan dengan langkah langkah yang sedikit berbeda daripada mandi biasa. Mandi wajib harus dilakukan apabila seseorang telah terkena najis besar, sehingga tidak cukup jika hanya disucikan dengan berwudhu saja. Orang yang telah mendapatkan najis besar namun tidak melaksanakan mandi wajib, maka ibadahnya tidak akan diterima oleh Allah, sebab ia memohon dalam wujud yang tak suci.

Mandi wajib pun memiliki tata cara atau langkah langkahnya sendiri. Selain itu, doa yang harus dipanjatkan sebelum menjalankan rangkaian mandi wajib pun perlu dipelajari, sebab Rasulullah mengajarkan kepada umat supaya tetap mengawali apapun yang dikerjakan dengan doa. Sehingga, hal tersebut akan membuat manusia mengalami sesuatu yang luar biasa tiap kali selesai menjalankan sesuatu. Mengawali setiap kegiatan dengan doa merupakan hal yang diwajibkan. Sebab dengan berperilaku demikian maka manusia tidak akan tampak sombong di depan Allah. Atas segala kekurangan yang dimiliki manusia hanya bisa berusaha sesuai dengan kemampuan, dan hasil tetap ada di tangan kekuasaan Allah. Sehingga saat usaha telah dilakukan, maka doa adalah satu satunya hal yang akan mengiringinya menuju kepada hasil yang terbaik. Termasuk mandi wajib, perlu dimulai dengan membaca doa mandi wajib yang paling diyakini kebenarannya.

bacaan doa mandi wajib

Berikut ini adalah doa mandi wajib yang perlu untuk dihafalkan oleh seseorang sebelum dan sesudah menjalankan mandi tersebut. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan ridho dari Allah bahwa seseorang hendak kembali kepada hal yang suci lagi. Demikianlah bacaan doa mandi wajib yang dapat disampaikan. Setalah hafal, maka sebaiknya seseorang yang telah melakukan perbuatan hingga menimbulkan najis besar segera melakukan mandi wajib. Bisa dilakukan dengan cara bergulung di padang pasir jika memang sedang berada pada daerah tak berair.

Bacaan Doa Mandi Wajib

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَكْبَرِ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

NAWAITUL GHUSLA LIRAF’IL HADATSIL AKBARI FARDHAN LILLAAHI TA’AALAA.

Artinya: “Aku berniat mandi besar untuk menghilangkan hadats besar fardhu karena Allah Taala.”

Mandi wajib adalah mandi yang dilakukan setelah seseorang mendapatkan najis atau hadas yang besar. Hal tersebut diantaranya setelah seseorang baik secara sengaja atau pun tidak mengeluarkan cairan mani (sperma, untuk laki laki), atau telah selesai dari menstruasi (untuk para wanita), dan juga pada saat setelah seorang pasangan melakukan hubungan suami isteri. Untuk kembali mensucikan mereka, maka diperlukan mandi wajib atau mandi besar. Selain itu, pada saat seorang laki laki hendak melaksanakan sholat jumat, atau sholat hari raya pun perlu melakukan mandi besar, entah ia dalam keadaan suci atau pun bernajis besar atau kecil. Mandi besar menjadi kewajiban bagi muslim saat hendak akan menjalankan ibadah.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *