Bacaan Doa Iftitah Lengkap Arab Latin dan Terjemahan

Posted on
loading...

Bacaan Doa Iftitah Lengkap Arab Latin dan Terjemahan adalah bacaan yang dibaca pada saat seseorang menjalankan sholat, baik itu sholat wajib maupun sholat sunah. Doa ini dibaca ketika seseorang telah selesai menjalankan takbiratul ikhrom, atau gerakan takbir pertama dengan mengangkat kedua tangan saat hendak memulai sholat. Bacaan iftitah sangat penting bagi setiap muslim, sehingga memang harus dihafalkan di luar kepala supaya dapat dengan mudah dilafalkan saat sedang menjalankan ibadah sholat. Biasanya, saat seorang muslim menjalani kehidupan islami sejak dirinya kecil, dalam arti bukan seorang mualaf yang baru memeluk islam pada saat ia dewasa, maka bacaan sholat merupakan salah satu materi yang sangat getol untuk diajarkan. Anak anak kecil sudah harus diajari bacaan sholat, termasuk diftitah di dalamnya, karena memang anak anak memiliki kemampuan menyerap ilmu menghafal yang jauh lebih kuat daripada saat kelak mereka dewasa.

Sehingga hal tersebut menjadikan anak anak muslim saat tumbuh dewasa memang telah memiliki bekal berupa kemampuan untuk membaca semua rangkaian bacaan sholat. Ini akan mempermudah mendidik anak anak supaya rajin beribadah. Namun, memang dalam kenyataan kadang banyak manusia yang kerap melalaikan sholat meskipun sudah hafal bacaannya. Bacaan atau doa iftitah ini dala ajaran islam memang bukan hanya mengacu pada satu bacaan saja. Melainkan ada beberapa bacaan, diantaranya yang telah diketahui sumbernya secara jelas dan pasti, bacaan iftitah ada tiga macam. Ketiganya boleh dipilih salah satu sebagai bacaan pada saat melaksanakan sholat.

Bacaan Doa Iftitah

doa iftitah

Bacaan bacaan tersebut mulai dari bacaan yang pendek atau bisa dikatakan sebagai bacaan yang mudah untuk dihafal, dan juga bacaan yang panjang dan cukup rumit untuk diingat, namun bukan berarti sulit dihafalkan. Bacaan bacaan tersebut adalah sebagai berikut ini. Doa iftitah memang beragam. Setidaknya ada tiga macam. Namun  demikian, jangan pernah sebagai seorang muslim maka menghina bacaan yang digunakan oleh muslim lain yang tidak sama dengan yang digunakan oleh diri kita. Hal tersebut bukanlah tindakan yang terpuji. Hal hal yang menyangkut ibadah memang bisa dikatakn sebagai hal hal yang sensitif, sehingga untuk menghindari munculnya pertikaian perlu adanya rasa saling menjaga dan menghormati antara satu dengan yang lain.

Muslim yang baik adalah muslim yang peduli terhadap muslim lainnya. Apa gunanya seseorang melakukan ibadah dengan amat rajin jika pada kehidupan sehari hari ia tidak memiliki kepedulian dengan lingkungan sekitar? Dengan orang orang yang memang membutuhkan bantuan? Sungguh ini adalah hal yang sangat menyedihkan. Sholat adalah salah satu ibadah yang urgen. Bahkan sholat juga disebut sebagai tiang agama, sehingga jika seseorang telah mampu menjalankan sholat dengan baik, maka kehidupannya yang lain pun pasti baik. Dan sholat yang baik jelas melalui proses pembacaan doa iftitah dan doa doa lainnya dengan baik pula.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *