Asas Pemungutan Pajak

Posted on
loading...

Asas pemungutan pajak merupakan bagian yang sangat penting dalam hal perpajakan. Saat ini memang hampir semua hal yang ada di wilayah negara yang berdaulat memiliki sisi wajib pajak. Jalan raya, kendaraan bermotor, perusahaan, tanah, listrik, bangunan bangunan , dan lain sebagainya merupakan objek objek yang memiliki kewajiban untuk dipajaki oleh pengelola. Dana dari pajak tersebut adalah sebagai upaya untuk disalurkan untuk pembangunan yang lebih baik di masa mendatang.

Sehingga, membayar pajak adalah suatu kewajiban yang benar benar harus ditaati oleh masyarakat secara luas. Warga yang memiliki aset lebih memang memiliki tanggung jawab yang lebih pula dalam mengeluarkan pajak. Dalam hal ini, memang banyak pihak yang diuntungkan saat semua warga negara ini taat untuk membayar pajak.

Asas Pemungutan Pajak di Indonesia

Asas Pemungutan Pajak di IndonesiaSebelum membahas berbagai hal yang berhubungan dengan dunia perpajakan yang jelas sangat membingungkan, apalagi bukan bagi orang yang secara formal mempelajari ilmu pajak, maka seseorang paling tidak perlu paham soal asas pemungutan pajak. Hal ini akan menjadi dasar kenapa seseorang harus membayarkan pajak kepada negara atas aset yang dimiliki.

Asas Wilayah atau Teritorial

Asas wilayah atau teritorial ini adalah asas untuk memungut pajak yang didasarkan kepada wilayah tempat domisili seseorang. Sehingga kewajiban membayar dan besaran pajak adalah bergantung kepada di mana seseorang tersebut tinggal dan menetap dalam menjalani kehidupan sehari hari.

Asas Kebangsaan atau Nasionalitas

Yang dimaksud dengan asas kebangsaan ini adalah saat seseorang berada di suatu tempat, sebut saja sebagai negara, maka ia otomatis memiliki kewajiban untuk membayar pajak. Bahkan, ketika ia kelak sedang melakukan sebuah perjalanan singkat di dalam maupun luar negeri, pajak wajib tetap dibayarkan selama catatan administrasi tetap menyantumkan namanya di catatan wilayah suatu kebangsaan.

Asas Sumber

Asas pemungutan pajak yang ketiga adalah asas sumber, yang mana dalam hal ini pemungutan pajak didasarkan kepada adanya sumber di suatu negara. Perlu dipahami secara rinci bahwa negara yang berhak memungut pajak adalah negara yang menjadi tempat di mana sumber berada.

Asas Umum

Asas umum dalam hal ini adalah pemungutan pajak hendaknya menganut asas keadilan, maksudnya adalah bahwa segala prinsip perundang undangan yang mengatur soal pajak maupun praktik sehari hari dalam pelaksanaannya harus memerhatikan keadilan.

Asas Yuridis

Asas ini mempertegas bahwa hukum pajak seharusnya memberikan jaminan hukum, sebagaimana isi pasal 23 ayat (2) UUD 1945.

Asas Ekonomis

Asas ekonomis ini lebih menjelaskan kepada pemungutan pajak yang harus bertitik tolak dari kepentingan umum. Intinya, keberadaan pajak tidak boleh membuat perekonomian masyarakat menjadi merosot.

Asas Finansial

Asas pemungutan pajak yang terakhir adalah asas ini, asas finansial. Dalam asas ini dijelaskan bahwa biaya biaya atas segala penetapan dan juga pemungutan pajak harus sekecil mungkin bila dibandingkan dengan hasil pemungutan pajak.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *