Alasan Jepang Membentuk BPUPKI

Posted on
loading...

Salah satu alasan jepang membentuk BPUPKI adalah karena pada tahun 1944 kedudukan jepang semakin terdesak. Hal tersebut merupakan tonggak awal jepang mulai memikirkan terbentuknya BPUPKI. Secara umum, BPUPKI merupakan kepanjangan dari Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia, kerap juga disebut sebagai Dokuritsu Junbi Cosakai dalam sebutan bahasa Jepangnya. Pembentukan BPUPKI ini sesunggunya berawal juga setelah jepang kerap mengalami kekalahan dalam setiap pertempuran, salah satunya adalah dalam Perang Asia-Pasifik.

Kemudian pada tanggal 7 September tahun 1944, pada sebuah sidang istimewa parlemen jepang di Tokyo, terdapat sebuah pengumuman dari seorang perdana Menteri yang bernama Koiso, ia mengumumkan bahwa daerah Hindia Timur, sebutan untuk Indonesia oleh orang orang jepang, bahwa negeri tersebut berhak untuk merdeka pada beberapa hari kemudain.

BPUPKISelanjutnya, pada tahun 1944, Pulau Saipan direbut oleh sekutu. Hal ini membuat jepang harus mundur dari segala macam pertempuran. Seolah jepang telah mengalami kekalahan dari angkatan perang Amerika Serikat dari Papua Nugini, Kepualauan Solomon, serta Kepulauan Marshall. Hal inilah yang membuat seluruh garus pertahanan Jepang di Pasifik mulai hancur, yang mana hal ini menunjukkan bahwa kekalahan jepang telah berada di ambang pintu.

Pada saat tersebut, terjadi pula berbagai macam penyerangan yang ada di Indonesia. Salah satunya adalah serbuan serbuan yang terjadi di Ambon, Makassar, Surabaya dan juga Manado. Hal tersebut membuat para tentara sekutu mendarat di kota penghasil minyak, yaitu Balikpapan dan juga Tarakan. Hal tersebutlah yang juga menjadi salah satu alasan jepang membentuk BPUPKI.

Pembentukan BPUPKI juga bisa disebabkan oleh adanya situasi yang gawat tersebut. Pemerintah pendudukan jepang di Jawa di bawah pimpinan Letnan Jenderal Kumakici Harada yang berusaha meyakinkan bangsa Indonesia soal janji kemerdekaan. Dan pada akhirnya, pada tanggal 1 Maret 1945 BPUPKI resmi dibentuk untuk mempersiapkan segala hal yang berkaitan dengan persiapan kemerdekaan.

Alasan jepang membentuk BPUPKI adalah dengan maksud dan tujuan untuk mempelajari dan menyelidiki hal hal penting terkait dengan segala sesuatu yang menyangkut pembentukan negara Indonesia merdeka. BPUPKI diketuai oleh Dr. K.R.T. Radjiman Wediodiningrat.

Berikut ini adalah beberapa nama yang tergabung menjadi seorang pengurus BPUPKI, ada dua nama jepang yang turut membantu ketua dalam mengurus BPUPKI, mereka adalah Icibangase dan R.P.Suroso. Selain mereka juga ada kepala sekretariat yang dibantu oleh Toyohito Masuda dan Mr. A. G. Pringgodigdo.

Pada awalnya, anggota BPUPKI berjumlah sekitar 60 orang. di dalamnya termasuk 4 orang golongan Arab serta golongan peranakan Belanda. Di dalamnya ada juga 7 orang Jepang yang mengurus istimewa namun tanpa hak suara. Itulah yang termasuk alasan jepang membentuk BPUPKI sebagai dasar untuk merencanakan kemerdekaan Indonesia.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *